Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hijrah Menambah Keteguhan dan Ketenangan Hidup Dunia Akhirat


Hidup di dunia ini penuh dengan godaan, cobaan, dan kesulitan. Banyak orang yang terjebak dalam kehidupan yang jauh dari nilai-nilai Islam, seperti materialisme, hedonisme, kemaksiatan, dan kezaliman. Padahal, kehidupan dunia ini hanyalah sementara, sedangkan kehidupan akhirat adalah abadi.

Oleh karena itu, seorang muslim dan muslimah harus berhijrah, yaitu meninggalkan kehidupan yang tidak baik menuju kehidupan yang lebih baik, baik dalam hal agama, akhlak, ilmu, maupun amal. Berhijrah adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

Berhijrah memiliki banyak manfaat bagi seorang muslim dan muslimah, salah satunya adalah menambah keteguhan dan ketenangan hidup dunia akhirat. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya:


  • Berhijrah menambah keteguhan hidup dunia akhirat, karena berhijrah berarti berpegang teguh pada ajaran Islam yang merupakan agama yang haq dan sempurna. Berhijrah juga berarti bersikap istiqamah (tegas dan konsisten) dalam menjalankan ibadah dan kewajiban sebagai seorang muslim dan muslimah. Dengan berhijrah, seorang muslim dan muslimah akan merasakan kekuatan dan kepercayaan diri dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan di dunia ini, serta mendapatkan keberkahan dan kebaikan di akhirat nanti. Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya orang-orang yang berkata: 'Tuhan kami ialah Allah', kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: 'Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan bergembiralah dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.'" (QS. Fushshilat: 30)
  • Berhijrah menambah ketenangan hidup dunia akhirat, karena berhijrah berarti menyerahkan diri kepada Allah SWT yang merupakan pencipta, pemelihara, dan pengatur segala sesuatu. Berhijrah juga berarti bertawakkal (berserah diri) dan bersabar (menerima) dalam menghadapi segala ketentuan dan takdir Allah SWT. Dengan berhijrah, seorang muslim dan muslimah akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan dalam hati dan jiwa, serta mendapatkan ridha dan rahmat Allah SWT di dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman: "Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS. Ath-Thalaq: 2-3)


Oleh karena itu, mari kita berhijrah menuju kebaikan dan kesempurnaan, karena berhijrah adalah jalan menuju surga. Semoga Allah SWT memberikan kita kemudahan, hidayah, dan taufik dalam berhijrah. Aamiin.

Post a Comment for "Hijrah Menambah Keteguhan dan Ketenangan Hidup Dunia Akhirat"