Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Motivasi Kehidupan Menurut Alquraan


Alquraan sebagai sumber kehidupan

Kehidupan di dunia ini adalah ujian dan cobaan bagi setiap manusia. Allah SWT telah menciptakan manusia dengan berbagai potensi dan kemampuan, namun juga dengan berbagai kelemahan dan kekurangan. Oleh karena itu, manusia membutuhkan motivasi untuk terus berusaha dan berjuang dalam menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Motivasi adalah dorongan atau rangsangan yang membuat seseorang bergerak dan bertindak untuk mencapai tujuan tertentu. Motivasi bisa berasal dari dalam diri sendiri (intrinsik) atau dari luar diri sendiri (ekstrinsik). Motivasi yang paling kuat dan paling baik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri, karena motivasi ini bersumber dari iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Alquraan adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup bagi umat Islam. Alquraan mengandung banyak ayat yang memberikan motivasi kehidupan bagi manusia, baik dalam hal ibadah, akhlak, ilmu, amal, maupun dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan. Alquraan juga memberikan contoh-contoh kisah para nabi, sahabat, dan orang-orang shaleh yang menjadi teladan dan inspirasi bagi kita.


Berikut ini adalah beberapa ayat alquraan yang memberikan motivasi kehidupan, beserta arti dan maknanya:

- QS. Ali Imran: 139
وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ
"Dan janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman."

Ayat ini memberikan motivasi bagi kita untuk tidak mudah menyerah dan putus asa dalam menghadapi kesulitan dan musibah. Kita harus percaya bahwa Allah SWT selalu bersama kita dan akan memberikan pertolongan-Nya kepada kita, asalkan kita beriman dan bertawakkal kepada-Nya. Kita juga harus yakin bahwa kita memiliki kelebihan dan keunggulan sebagai umat Islam yang mengikuti ajaran Allah SWT dan Rasul-Nya.


- QS. Al-Baqarah: 286
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."


Ayat ini memberikan motivasi bagi kita untuk selalu berusaha sesuai dengan kemampuan dan potensi yang kita miliki. Kita harus bertanggung jawab atas segala perbuatan dan pilihan yang kita lakukan, baik yang baik maupun yang buruk. Kita juga harus selalu memohon ampun dan rahmat Allah SWT atas segala kesalahan dan kekhilafan yang kita lakukan. Kita harus meminta pertolongan Allah SWT dalam menghadapi segala tantangan dan musuh yang menghalangi kita dalam beribadah dan berdakwah.


- QS. Al-Insyirah: 5-6
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (5) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (6)
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."

Ayat ini memberikan motivasi bagi kita untuk selalu bersabar dan berharap pada Allah SWT dalam menghadapi kesulitan dan ujian hidup. Kita harus yakin bahwa Allah SWT tidak akan memberikan ujian yang melebihi batas kemampuan kita, dan bahwa Allah SWT akan memberikan kemudahan dan jalan keluar bagi kita. Kita harus ingat bahwa setiap kesulitan pasti akan berakhir, dan setiap ujian pasti akan ada ganjarannya.


- QS. Al-Ankabut: 69
وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ
"Dan orang-orang yang berjihad di jalan Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik."

Ayat ini memberikan motivasi bagi kita untuk selalu berjihad di jalan Allah SWT, yaitu berusaha keras dalam beribadah, berdakwah, dan beramal shaleh. Kita harus yakin bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita, dan bahwa Allah SWT akan selalu bersama kita dan menolong kita. Kita harus ingat bahwa berjihad di jalan Allah SWT adalah sebaik-baik amal dan sebesar-besar pahala.


- QS. Al-Baqarah: 153
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
"Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

Ayat ini memberikan motivasi bagi kita untuk selalu berdoa dan bershalat kepada Allah SWT dalam menghadapi segala urusan dan masalah hidup

Post a Comment for "Motivasi Kehidupan Menurut Alquraan"